mangcun - untuk waktu kali ini , saya akan menjelaskan tentang bentuk ultranasionalisme yang ada di indonesia

Yang seperti kita tahu , Ultranasionalisme ini yaitu kecintaan yang berlebihan terhadap bangsa / negara yang mengementingkan negara dibanding kepentingan yang lain , dan itu yang pernah di alami dari beberapa negara , baik dari negara jerman , italia , jepang , serta indonesia
karna mempersingkat waktu , untuk kali ini saya akan menjelaskan contoh paham nasionalisme ini oleh bangsa indonesia
Bangsa indonesia pernah mengalami paham ultranasionalisme pada masa orde baru , pada masa presiden RI Ke 2 Presiden soeharto ,

Presiden Soeharto merasa bahwa LoI IMF itu merupakan "check mate" untuk mengakhiri kekuasaannya. Sebagai pemain catur yang ulung dia tidak begitu saja mau menyerah. Berbagai manuver dia lakukan untuk bertahan, dan yang terakhir adalah CBS itu. 
Terbukti manuver itu merupakan langkah jitu. Begitu dibilang CBS akan diterapkan, dunia
menjadi ramai. Semua negara barat menentang pelaksanaan CBS di Indonesia. Indonesia akan langsung collapse apabila CBS diterapkan saat sekarang ini 
Lalu apa urusan G7 dengan kolaps-nya Indonesia ?.
Indonesia yang collapse akan bangkit lagi menjadi negara yang ultra nasionalis, ini yang ditakuti G7 dan Australia.
Di kalangan perwira militer Indonesia dewasa ini timbul rasa kecewa terhadap Amerika dengan diberhentikannya program IMET dan gagalnya Indonesia memperoleh pesawat F16. ABRI yang semenjak Orde Baru ber- kuasa berkiblat ke Amerika merasa telah dikhianati. Amerika sudah tidak punya lagi hubungan dengan ABRI dengan dihilangkannya program IMET. 
Jendral yang pro Amerika sudah digusur dari pucuk pimpinan
ABRI, sehingga dukungan buat Try Sutrisno untuk jadi Wapres lagi tidak ada lagi.
Presiden Soeharto yang agaknya sudah putus asa dengan krisis yang tidak kunjung reda akan menentang segala masukan yang berasal dari barat. Keinginan Amerika untuk melihat Cawapres yang masih polos semacam Megawati, atau yang pro Amerika seperti Try Sutrisno dijawab oleh Presiden Soeharto dan ABRI dengan mengorbitkan Habibi.
Kekhawatiran G7 dan Australia melihat Indonesia yang ultra nasionalis ditunjukkan dengan datangnya Walter Mondale besok pagi. Sudah santer diberitakan bahwa kedatangan Walter Mondale itu antara lain memberikan saran pada Presiden Soeharto dalam menyusun kabinet nanti. Mungkin masih ada pesan rahasia Presiden Clinton untuk Presiden Soeharto, yaitu
membatalkan pencalonan Menristek Habibi sebagai Wapres dan tetap mempertahankan Wapres Try Sutrisno. Bukan Amerika namanya kalau tidak selalu memaksakan kehendaknya. Sementara Walter Mondale berangkat ke Jakarta, saat ini empat kapal perang Amerika dengan lima batalyon USMC (4000 personil) sedang merapat di Surabaya dan Bali. Apa ini ada hubungan dengan kekhawatiran Amerika terhadap masa depan Indonesia ?.
Rasa nasionalisme yang extreme sebenarnya sudah dimiliki sebagian besar bangsa Indonesia saat ini. Sementara orang-orang dinegara maju sudah berpikir kearah hukum yang universal, sebagian besar bangsa Indonesia masih fanatik dengan Pancasila dan UUD 45. Apakah ini bukan benih-benih menuju kepada negara yang ultra nasionalis ?.

Maaf bila jawaban posting saya berat ke arah politik, saya bukan ahli ekonomi. 
Analisa saya terhadap krisis ekonomi sekarang ini saya pandang dari aspek politik dengan segala manuver-nya. Kalau saya terlalu emosi dalam posting saya yang lalu mohon tidak dimasukkan ke hati.
Krisis yang tidak ada habisnya ini menurut pandangan saya akan membuka jalan bagi kaum ultra nasionalis untuk berkuasa. Tanda kearah itu sudah kelihatan dengan naiknya Menristek Habibi sebagai calon Wapres. 
Apabila G7 merasa berkepentingan melihat Indonesia makmur, hendaknya mau membantu
dengan sungguh-sungguh mengatasi krisis secepatnya. Rakyat yang kacau sementara ABRI tambah menguat dari hari kehari tidak akan membuat jalan menuju demokrasi tambah mulus.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan , untuk lebih lanjutnya mungkin bisa di liat di google atau di buku paham nasionalisme


3 komentar:

  1. mantap gan (h) kalo bsa ditambah lagi bentuk'' nya yang lain , biar ane ga tergoda ama blog sebelah :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa , iya gan nanti insyaallah saya tambahkan lagi (f)

      Delete

Sebelum Berkomentar | Pelajari dulu artikel nya mengenai apa | Jangan asal kommentar saja | Jangan Pasang Link Aktif

 
MANGCUN © 2013. All Rights Reserved. Powered by MANGCUN
Top