mangcun - Identitas nasional di ambil dari bahasa asing, identitas berarti sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran diri pribadi, secara terminologis, identitas berarti ciri – ciri, tanda khas atau jati diri sejati yang melekat pada seseorang golongan sendiri, kelompok sendiri, komunitas sendiri dan negara sendiri.

Kata Nasional atau Nasionalisme adalah identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan-kesamaan, baik fisik seperti budaya, agama dan bahsa maupun non fisik seperti keinginan, cita-cita dan tujuan.

    Kata Nasional atau Nasionalisme menurut Hans Kohan adalah kesetiaan sepenuhnya terhadap bangsa dan negara di atas semua bentuk kesetiaan lain nya.

Menurut Ernest Renan bahwa syarat mutlak adanya bangsa adalah plebisit, yaitu suatu hal yang memerlukan persetujuan bersama pada waktu sekarang, yang mengandung hasrat untuk mau hidup bersama dengan kesediaan memberikan pengorbanan-pengorbanan.

Menurut Toyanbee, Ciri khas ciri suatu bangsa yang merupakan lokal genius dalam menghadapi tantangan dan respon. Jika tantangan besar sementara respon kecil maka bangsa tersebut akan punah. Namun apabila tantangan kecil sementara respon besar maka bangsa tersebut akan berkembang menjadi bangsa yang kreatif.

Menurut Robert de Ventos, dikutip Manuel Castelles dalam bukunya “The Power of Identity”, munculnya identitas nasional suatu bangsa  sebagai hasil interaksi historis ada 4 faktor penting, yaitu:
    Faktor Primer, mencakup etnisitas, territorial, bahasa, agama, dan yang sejenisnya

Faktor Pendorong, meliputi pembangunan komunikasi dan teknologi, lahirnya angkatan bersenjata modern dan pembanguanan lainnya dalam kehidupan bernegara

Faktor Penarik, mencakup modifikasi bahasa dalam gramatika yang resmi, tumbuhnya birokrasi, dan pemantapan sistem pendidikan nasional


Pengertian Identitas Nasional  secara filosofis adalah hal membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lain. Setiap bangsa terminologis adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa didunia ini akan memiliki identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan, sifat, ciri-ciriserta karakter dari bangsa tersebut Suatu Bangsa tidak dapat di pisahkan dengan jatidiri suatu bangsa atau lebih populer disebut dengankepribadian suatu bangsa.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan , kalau ada waktu nanti saya akan tulis lagi artikel artikel yang menyangkut dengan identitas nasional 

0 komentar:

Post a Comment

Sebelum Berkomentar | Pelajari dulu artikel nya mengenai apa | Jangan asal kommentar saja | Jangan Pasang Link Aktif

 
MANGCUN © 2013. All Rights Reserved. Powered by MANGCUN
Top